PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU SUBTEMA 4 KEAJAIBAN PERUBAHAN WUJUD DI SEKITARKU UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Fitria Meilina universitas karimun
  • Tisrin Maulina Dewi universitas karimun
  • Noreha

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu Penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar sangat jarang ditemukan hal ini dapat disebabkan karena keterbatasan dan keterbelakangan letak sekolah. Dari hasil observasi diketahui bahwa masih rendahnya hasil belajar pada tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku, keterbatasan media yang digunakan, buku pegangan guru dan siswa sangat terbatas, model pembelajaran yang diterapkan bersifat ceramah dan komando sehingga lebih didominasi oleh guru dan mengakibatkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran.

 Jenis penelitian pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada Research and Develoment (R&D). Menurut Borg and Gall terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian pengembangan akan tetapi penulis hanya sampai uji coba lapangan terbatas tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi dikarenakan keterbatasan peneliti.

Berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli materi, dinyatakan ‟Sangat Baik/Sangat Layak” persentase rata-rata 93%. Hasil validasi oleh ahli desain kriteria ‟Sangat Baik/Sangat Layak” persentase rata-rata 100%, Hasil respon guru dengan kriteria ‟Sangat Baik/Sangat Layak” persentase rata-rata 91%. Hasil respon siswa uji coba lapangan awal kriteria ‟Sangat Baik/Sangat Layak” persentase rata-rata 93%, Hasil respon siswa uji coba lapangan kelompok kecil dengan kriteria ‟Sangat Baik/Sangat Layak” persentase rata-rata 92% dan Hasil respon siswa uji coba lapangan kelompok terbatas dengan kriteria ‟Sangat Baik/Sangat Layak” persentase rata-rata 94% . Hal ini menunjukkan bahwa media Pengembangan Media Flash Card Tema 3 Benda Di Sekitarku Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

 

Kata kunci: Pengembangan Media, Flash Card, Sekolah Dasar.

Published
2021-04-30
Section
APRIL 2021