PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA MASA PANDEMI DI SDN 009 MERAL

  • Dirneti universitas karimun
  • Fitria Meilina universitas karimun
  • Dewi Astuti

Abstract

Penelitian ini berawal dari sistem proses pembelajaran yang berbeda pada keadaan sebelumnya, yang disebabkan oleh kondisi pandemi yang membuat proses pelaksanaan pembelajaran menjadi dalam jaringan. Hal ini terlihat berdasarkan pengamatan peneliti serta hasil wawancara yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 pada masa pandemi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pendidik di SDN 009 Meral.

Populasi dalam penelitian ini ialah pendidik di SDN 009 Meral, penelitian ini menggunakan sampel jenuh, sampel jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang berjumlah 26 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kuantitatif.

Berdasarkan hasil analis data yang telah dilakukan. Hasil yang diperoleh   yaitu, (1) Dari analisis data dan deskripsi hasil penelitian tentang Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi di SDN 009 Meral dengan indikator kompetensi inti yang diterapkan kurikulum 2013 dikalsifikasikan “Terlaksana sangat baik”, yaitu jumlah TCR(Tingkat pencapaian jawaban responden) (87,5%). (2) Dari analisis data dan deskripsi hasil penelitian tentang Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi di SDN 009 Meral dengan indikator Standar proses yang diterapkan pada kurikulum 2013 pada masa pandemi dikalsifikasikan “Terlaksana sangat baik”, yaitu jumlah TCR(Tingkat pencapaian jawaban responden)  (83,2%). (3) Dari analisis data dan deskripsi hasil penelitian tentang Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi di SDN 009 Meral dengan indikator Standar penilaian yang ditetapkan kurikulum 2013 diklasifikasikan “Terlaksana sangat baik”, yaitu jumlah TCR(Tingkat pencapaian jawaban responden)  (76,9%).

Kata Kunci: Persepsi, Pelaksana pembelajaran, Kurikulum 2013.

Published
2021-11-02
Section
Articles