PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TEMATIK PADA PROSES PEMBELAJARAN SEMESTER GANJIL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Fitria Meilina universitas karimun
  • Tisrin Maulina Dewi universitas karimun
  • Sri Hartati

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah proses belajar masih menggunakan media pembelajaran berupa penjelasan langsung dari guru sehingga hal tersebut menjadikan peserta didik kesulitan dalam memahami pembelajaran. Tidak hanya itu, permasalahan lain di SDN 010 Meral masih kurangnya sarana dan sumber informasi serta terbatasnya media pembelajaran yang mana belum dikembangkan media Teka-Teki Silang (TTS). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan sebuah media permainan  TTS untuk peserta didik kelas III.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall, terdapat sepuluh langkah – langkah penelitian pengembangan.  Subjek ujicoba terdiri dari 2 tim ahli materi, 2 tim ahli desain, respon guru kelas III, dan 21 peserta didik diantarnya sebanyak 3 peserta didik dalam uji coba perorangan, 6 peserta didik dalam uji coba kelompok kecil dan 12 peserta didik dalam uji coba kelompok besar.

Hasil validasi menurut tim ahli materi terhadap kelayakan Pengembangan media Teka-Teki Silang tematik pada  proses pembelajaran semester ganjil untuk Peserta didik kelas III Sekolah Dasar sesuai dengan sub komponen penilaian secara keseluruhan termasuk dalam kriteria “baik” dengan rata-rata skor keseluruhan sebanyak 70% . Hasil validasi menurut tim ahli media terhadap kelayakan Pengembangan media Teka-Teki Silang tematik pada proses pembelajaran semester ganjil untuk Peserta didik kelas III sekolah dasar yang sesuai dengan sub komponen penilaian secara keseluruhan termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor keseluruhan 93%. Hasil respon dari guru menyatakan bahwa Pengembangan media Teka-Teki Silang tematik pada proses pembelajaran semester ganjil untuk Peserta didik kelas III sekolah dasar yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata keseluruhan 94% termasuk kriteria “sangat baik” sehingga para guru dapat menggunakan media ini sebagai bahan ajar tambahan dikelas dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar oleh peserta didik kelas III SD mendapatkan kriteria sangat baik dengan mendapatkan akumulasi nilai sebanyak 100%

 

Kata Kunci : Pengembangan Media, TTS, Sekolah Dasar

Published
2021-11-02
Section
Articles