MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SD SWASTA IMMANUEL TEBING TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang hasil belajar Bahasa Indonesia pada matapelajaran tematik materi tentang membaca puisi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas II SD Swasta 009 Immanuel Tebing tahun pelajaran 2022/2023 di Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi siswa, Lembar aktivitas siswa serta penilaian harian siswa. Sedangkan untuk tes hasil belajar dilakukan tiga kali yaitu tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II. Dalam menilai hasil belajar siswa berpedoman pada kriteria penilaian skala pengkategorian yang terdapat dalam kurikulum tiga belas. Untuk mempermudah penulis menetapkan empat kriteria dalam keberhasilan belajar siswa yaitu: kategori perlu bimbingan dengan skor 0 - 69, kategori cukup dengan skor 70 -79, kategori baik dengan skor 80 – 89, dan kategori sangat baik dengan skor 90 - 100. Untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) perindividu ditetapkan 75, sedangkan untuk ketuntasan belajar secara klasikal dikatakan tercapai jika 75 % dari seluruh siswa berhasil.
Hasil penelitian ini menunjukkan: Aktivitas siswa pada siklus I masih cukup, sedangkan pada siklus II sudah ada peningkatan yaitu sudah baik. Peningkatan hasil belajar membaca puisi dengan menggunakan media audio visual, siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 7 siswa dengan persentase 41,17%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa dengan persentase 58,82 %. Pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu siswa yang tuntas menjadi 17 siswa dengan persentase 100%.
Kata Kunci : Hasil belajar, Membaca Puisi, Media audio visual.