Penggunaan Bahasa Jurnalistik Dalam Penulisan Judul Berita Headline Pada Website LPM Dinamika UIN Sumatera utara (www.lpmdinamika.co)

  • Sofhia Rahmadani Ginting Universitas Indonesia Negeri Sumatera Utara
  • Anang Anas Azhar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Indira Fatra Deni P Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Bahasa, Jurnalistik, Kata, LPM Dinamika

Abstract

Bahasa yang digunakan dalam jurnalistik harus mudah dipahami oleh setiap orang yang membacanya karena tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk memahami isinya. Bahasa jurnalistik itu sendiri adalah suatu ragam bahasa kreatif dari bahasa Indonesia. Bahasa tersebut memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan antara bahasa ilmiah dan bahasa sehari-hari. Hasil penelitian yang penulis lakukan terhadap berita headline tanggal 13 Februari, 2 April, 21, 28 Mei, dan 2 Juni 2023 menunjukkan bahwa ciri tidak mubazir dan tidak klise, serta penggunaan kata yang tidak sesuai dengan PUEBI sering dilanggar. Pembuktiannya adalah dapat ditemukan sebanyak 17 kalimat dari 65 kalimat yang melanggar ciri, dan pedoman bahasa jurnalistik. Adapun, faktor yang melatarbelakangi kesalahan penulisan dalam sebuah berita pada website www.lpmdinamika.co, terdapat pada pemahaman dan ketelitian jurnalis itu sendiri. Dalam menulis berita, jurnalis harus telah memahami dan perlu belajar mengenai kebahasaan, ciri, pedoman dan karakteristik bahasa jurnalistik, dan lebih teliti pula terhadap berita yang ia tulis.

Published
2023-11-01
How to Cite
Ginting, S. R., Anang Anas Azhar, & Indira Fatra Deni P. (2023). Penggunaan Bahasa Jurnalistik Dalam Penulisan Judul Berita Headline Pada Website LPM Dinamika UIN Sumatera utara (www.lpmdinamika.co). JURNAL PURNAMA BERAZAM, 5(1), 43 - 55. https://doi.org/10.51742/ilkom.v5i1.1000
Section
OKTOBER 2023